Uncategorized

Maulana Yusuf Al-Gifari uara 1 Lomba Desain Batik

60333773_10212294788942271_4874507020163612672_n.jpgJuara 1 Lomba Desain Motif Batik Wonosobo Kategori SMP/MTs 2019 diraih oleh Maulana Yusuf Al-Ghifari kelas 8H/20 SMPN 1 Wonosobo. Prestasi ini sungguh membanggakan mengingat batik harus mengidentifikasikan motif khas Batik Wonosobo sebagai identitas lokal. Dihimbau oleh penyelenggara lomba, Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Wonosobo agar motif batik digali melalui kajian Sejarah, Arkeologi, dan Antropologi. Maka tak mengherankan jika Fari mengangkat unsur candi, daun carica, kuda kepang, ucen, ayam malas, dan dedaunan lainnya yang menjadi icon Wonosobo pada motif batiknya. Alhamdulillah, “Batik Style Hitam Putih” karya Fari terpilih sebagai Juara 1 saat pengumuman dan penyerahan hadiah pada Selasa, 14 Mei 2019 di Pendapa Bupati.

Sutikno, guru BK SMPN 1 Wonosobo selaku guru pendamping mengaku sangat senang dan bangga, mengingat lomba tidak hanya diikuti oleh peserta lokal namun juga berasal dari kabupaten lain. “Juara tingkat SMA dan Umum, banyak diraih oleh peserta dari luar kota, di antaranya dari Magelang” katanya. Selamat kepada Fari atas prestasi yang mengharumkan nama SMPN 1 pada awal bulan Puasa ini. Bagi Fari semoga prestasi ini menjadi berkah yang melimpah mengingat apresiasi dari panitia cukup lumayan. .

Atas prestasinya tersebut Fari mengaku senang dan sangat bersyukur karena kesertaannya dalam lomba yang pertama kali ini, langsung meraih juara. Kata Fari,” Setelah mengetahui temanya langsung ada ide untuk materi yang akan digambar. Yakni unsur daun Carica (tumbuhan khas Dieng yang spesial), Candi (salah satu warisan budaya), kuda kepang (kesenian embleg khas Wonosobo), buah Ucen, ayam malas, capung, dan buah Carica, yang langsung dikombinasikan sedemikian rupa.

Gifari selain terampil melukis jiga piawai berbicara di muka umum. Khususnya mahir memberikan tauziah kepada teman-temannya saat kegiatan “Jum’at Religi” yang diadakan sekolah sebagai pembiasaan karakter religius. Bicaranya lancar, berbobot, tapi segar dan mengibur. Ghifari selain mengutip Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an juga selalu menyisipkan humor yang sehat dan bermanfaat.
Wonosobo, 15 Mei 2019

About eksisku

Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Jurnalistik Sekolah, pengelola Perpustakaan dan Rumah Belajar Srikandi, aktif pada organisasi kemasyarakatan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Arsip

Pengunjung

free counters